GARUDA

GARUDA
Gambar ini di tampilkan karena judul blog saya adalah ''i love indonesia''

NEGARA INDONESIA

NEGARA INDONESIA
INDONESIA merupakan negara yang berpulau-pulau, negara indonesia sangat kaya akan rempah-rempahnya.

Presiden RI pertama Ir . SOEKARNO

Presiden RI pertama Ir . SOEKARNO

PRESIDEN KE-2 SOEHARTO

PRESIDEN KE-2 SOEHARTO

PRESIDEN KE-3 BJ HABIBI

PRESIDEN KE-3 BJ HABIBI
Beliau sangatlah pintar, ia adalah seorang tokoh yang terkenal akan kepintarannya merancang sebuah pesawat.

PRESIDEN KE-4 ABDURRAHMAN WAHID

PRESIDEN KE-4 ABDURRAHMAN WAHID

PRESIDEN KE-5 MEGAWATI SOEKARNO POETRI

PRESIDEN KE-5 MEGAWATI SOEKARNO POETRI
Beliau adalah perempuan walaupun beliaw perempuan tapi dia sangat pintar berbicara dan terampil.

PRESIDEN KE-6 SUSILO BAMBANG YUDOYONO(SBY)

PRESIDEN KE-6 SUSILO BAMBANG YUDOYONO(SBY)
Inilah para pemimpin NEGARA INDONESIA, dan sekarang yang jadi presiden kita adaLah SUSILO BAMBANG YUDOYONO(SBY) Periode 2010-0014, kita harus menjaganya presiden kita SBY semoga beliau menjadi pemimpin yang bijaksana dan mengasihi rakyatnya.SBY salah satu tokoh di dunia.

Mengenai Saya

Foto saya
Cianjur, Cianjur-Jawa barat, Indonesia
Nama saya Fajar maulana, saya ingin sekali menjadi guru. saya ingin sekali ,Menjadi guru, jagalah kebudayaan indonesia, kita adalah penerus bangsa jadi kita harus menjaganya. Yang saya inginkan ayo kita sama-sama melestarikan budaya indonesia. saya sangat mengharapkannya. saya juga ingi menjadi seorang musisi seperti artis-artis yang lain ingin seali. saa jangan menyerah, saya akan menggapai cita-cita itu. Saya sangat pengen baget menjadi seorang guru. saya mempunyai sahabat yaitu :andre dia sangat istimewa andre adalah buduk alias BUDI ANDUK. Aku sangat sedih sekali mengapa ini terjadi kepadaku, aku merasa bersalah. Maafkan aku CINTA

Daftar situs dan blog yang Saya

Sabtu, 17 Oktober 2009

PAKAIAN KAHAS INDONESIA

Kebetulan karena menonton sekilas program grand launching “visit indonesia 2008″ di TV malam ini, tiba-tiba saya jadi ingat masa-masa ketika masih SD. Yah kalau ditanya kapan saat-saat saya merasakan paling mengenal dan dekat dengan budaya indonesia kayaknya waktu jaman-jaman SD. Masih ingat ada buku pintar dan atlas hehehe media yang membuatku tahu tentang budaya indonesia. Entah ini juga dialami oleh anak-anak lain atau tidak, tapi dulu saya suka melihat gambar-gambar rumah adat, daerah-daerah wisata, dan pakaian adat yang ada di atlas. Kesimpulannya adalah saya terkagum-kagum oleh keberagaman budaya indonesia sedangkan secara spesifik saya suka dengan keindahan atribut budaya Minangkabau (bukan bermaksud kedaerahan cuma kebetulan dulu segala yang berbau budaya, maka sumatera barat selalu menjadi andalanku, entah ini krn latar belakang ibu saya ato gk, saya juga tidak menyadarinya).
Jadi tuh, kalau dulu saya dan teman SD membuka atlas pasti kami rebutan memilih rumah adat apa yang paling kami suka dan pasti ketebak donk apa yang kusuka yaitu rumah gadang. Alasannya kenapa? yah merasa itu megah saja dan indah… Tapi selain rumah gadang dulunya saya juga suka melihat rumah betawi entah karena terbiasa melihatnya di tontonan televisi namun juga lebih kepada kesederhanaannya. Saya membayangkan kalau rumah pribadi saya haruslah rumah adat maka mungkin saya akan memilih rumah betawi.
trus berikutnya pasti kita melihat pakaian-pakaian adat. Nah ini nih sulit nih karena pakaian adat itu cantik-cantik,,, hooo tapi lagi-lagi pasti bisa ketebak kan kira-kira pakaian adat yang cantik menurutku yaitu pakaian dari minangkabau (baju kurung). Alasannya yah cantik,, apalagi ada mahkota seperti atap rumah gadang hehehe dan mungkin alasan lainnya karena sebenarnya saya punya baju kurung yang dibelikan oleh ibu saya tapi sayangnya ukurannya untuk dewasa sedangkan saya dulu masih kecil akhirnya ada ambisi untuk memakainya suatu waktu (tapi lucunya sampai skrg blm pernah saya pakai hehehe). Selain baju kurung itu, saya justru juga suka pakaian adat dari jawa (sayangnya saya gak ingat, dari barat, tengah, timur ato jogja) yaitu semacam kebaya plus ada bunga melati (itu pakaian dari mana yah). Sebenarnya kalau gak salah ingat tuh pakaian daerah jawa hampir2 mirip semua cuma waktu itu saya milih itu karena modelnya cantik hahaha. Pakaian adat tersebut menurut saya pakaian itu cocok untuk jadi pakaian pengantin dibandingin baju kurung. Kemudian, ternyata saya pun baru tahu ketika membandingkan dengan foto pernikahan orangtuaku, baju pernikahan adat minangkabau bukan baju kurung yang di atlas justru lebih cantik dan megah – gambar di samping kanan.
Pengalaman lain tentang budaya indonesia yang selalu kukenang yaitu waktu kelas 5 SD, kami disuruh menyanyi lagu daerah masing-masing di depan kelas satu persatu. Nah, saya merasa bahasa minang lebih mudah daripada bahasa bugis akhirnya saya pun memilih lagu dari minang “kampuang nan jauh di mato” *waktu itu chikita meidy belum sempat nyanyiin* plus karena di kelas saya satu-satunya ada keturunan minang. Yah supaya berbeda sendiri. Nah yang lucu tuh waktu mau nyanyi, jadi sebelum saya nyanyi tuh ada temen saya co yang nyanyi lagu daerah dari toraja *kalau gk salah* dan dia nangis,,, huuu terharu deh karena dia posisinya sedang terpisah ma keluarganya yang ada di toraja (daerah di sulawesi selatan). Kemudian, bisa ketebak donk akhirnya pas saya yang nyanyi terpancing juga jadi nangis juga nyanyiin lagu “kampuang nan jauh di mato” huahahaha kalau ingat skrg rasanya lucu banget. Padahal dulu waktu nyanyi itu saya blm pernah ke padang. setahun setelahnya akhirnya kesampaian juga.
Yah itulah pengalaman masa SD yang kalau diingat bikin ketawa-ketawa sendiri. Kalau sekarang mah ingat pakaian adat jadi ingat pakaian jepang yang keren banget,,, pakaian sari india yang unik… hoo globalisasi,,,
Trus kalau ditanya, tarian apa yang saya suka,,, pasti udah ketebak yah lagi2 dari minangkabau,, hahahaha tapi emang saya dulu suka liat orang nari ‘tari Indang’ *din din badindin* di pertemuan-pertemuan keluarga minang waktu saya kecil. Sebenarnya saya suka berbagai tarian dari bermacam-macam daerah. Justru tari-tarian adalah simbol budaya yang paling menonjol bagiku dibanding alat musik atau senjata, dll. Hooo kalau nonton pagelaran seni dan budaya ITB kemarin, saya jadi pengen belajar nari daerah lagi, saya jadi pengen make pakaian adat lagi (terhitung sampai skrg saya hanya pernah make baju bodo dari sulawesi selatan). Mmmm pengen make pakaian adat daerah lain… Itu baru atribut kebudayaan Indonesia, masih banyak khazanah kebudayaan Indonesia,, apalagi tempat-tempatnya,,,huih membuatku jadi pengen jalan-jalan…. hehehe ada yang mau ngajakin gk,,, secara keinginanku belum kesampaian yaitu keliling jawa. mauuuu *selesaikan TA,,, woi,,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger

Pengikut